Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Apa itu ekonomi makro? Pengertian makroekonomi adalah ekonomi yang mempelajari ekonomi suatu negara sepenuhnya. Dengan kata lain, makroekonomi menjelaskan tentang perubahan ekonomi suatu negara yang berdampak pada rakyat dan pasarnya.

Beberapa aspek analisis ekonomi makro meliputi;

  • pendapatan nasional
  • Kesempatan kerja
  • Tingkat inflasi
  • investasi
  • Neraca pembayaran

Tujuan mempelajari ekonomi makro atau ekonomi makro adalah untuk dapat memahami berbagai peristiwa ekonomi di suatu negara dan meningkatkan kebijakan ekonomi di negara itu. Singkatnya, ini adalah pengertian ekonomi makro.

Para ahli memahami ekonomi makro

Beberapa ahli di bidang ekonomi telah menjelaskan konsep ekonomi makro. Beberapa ahli ini adalah:

  • Budiono (2001)

Menurut Budiono, teori makroekonomi adalah studi tentang subjek ekonomi, baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang mencakup stabilitas dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

  • Sadono Sukirno (2000)

Menurut Sadono Sukirno, memahami ekonomi makro adalah cabang ekonomi yang sepenuhnya mempelajari kegiatan utama ekonomi terhadap berbagai masalah pertumbuhan ekonomi.

Tujuan ekonomi makro

Ekonomi makro dapat membantu untuk memahami dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan ekonomi dan juga sebagai alat untuk menentukan arah kebijakan yang akan diadopsi.

Berikut ini adalah tujuan kebijakan makroekonomi:

Membantu meningkatkan kapasitas produksi
Membantu meningkatkan peluang kerja di masyarakat
Periksa tingkat inflasi di suatu negara
Berkontribusi pada peningkatan pendapatan nasional
Pemeliharaan stabilitas ekonomi
Seimbangkan saldo pembayaran di luar negeri
Distribusi pendapatan juga membantu
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara

Bidang ekonomi makro

Teori ekonomi makro membahas beberapa hal, termasuk; menentukan kegiatan ekonomi, inflasi, tingkat pengangguran, kebijakan pemerintah dan masalah lain yang berkaitan dengan ekonomi secara keseluruhan.

Dengan mengacu pada pengertian ekonomi makro di atas, bidang penerapan ekonomi makro adalah sebagai berikut:

  • Penentuan tingkat aktivitas ekonomi Negara

Dalam analisis ini, teori ekonomi makro akan menjelaskan sejauh mana ekonomi dapat menghasilkan produk dan jasa. Analisis makroekonomi ini akan memberikan perincian pengeluaran agregat atau global, termasuk:

  • Pengeluaran rumah tangga (konsumsi rumah tangga)
  • Pengeluaran Pemerintah
  • Pengeluaran bisnis atau investasi
  • Ekspor dan impor
  • Kebijakan pemerintah

Ekonomi suatu negara tidak akan lepas dari masalah pengangguran dan inflasi. Pemerintah harus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini melalui serangkaian kebijakan, baik kebijakan moneter maupun fiskal.

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat atau jumlah uang beredar dalam perekonomian. Mempertimbangkan bahwa kebijakan fiskal adalah langkah pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak dan pengeluaran yang tujuannya untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Pengaruh ekonomi makro pada pengembangan bisnis

Makroekonomi adalah bagian dari kegiatan ekonomi yang menjelaskan perubahan ekonomi berskala besar yang memengaruhi masyarakat, perusahaan, dan pasar mereka. Makroekonomi sering dikaitkan dengan masalah keuangan negara.

Dalam sebuah perusahaan, peran ekonomi makro adalah menganalisis metode atau cara terbaik yang memengaruhi kebijakan sasaran seperti stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi, pekerjaan, dan pencapaian keseimbangan.

Sumber : rumusrumus.com