Macam-Macam Teh Herbal Ampuh Atasi Sembelit

Macam-Macam Teh Herbal Ampuh Atasi Sembelit

Tahukah Anda bahwa mengatasi sembelit seharusnya tidak hanya menggunakan obat yang memfasilitasi BAB? Sebelum beralih ke campuran, cobalah menyiapkan teh herbal panas di rumah untuk mengatasi masalah perut yang bermasalah.

Minuman panas dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk meringankan gejala sembelit. Apa sajakah pilihan teh herbal untuk menyembuhkan sembelit?

Macam-Macam Teh Herbal Ampuh Atasi Sembelit

Teh herbal adalah cara untuk mengatasi sembelit alami dan diyakini memiliki efek samping minimal. Beberapa jenis teh herbal juga dianggap berguna untuk melemaskan otot usus sehingga pergerakan tinja lebih teratur.

  1. Teh senna

Teh Senna, yang berasal dari daun kering Senna alexandrine semak, mengandung senyawa glikosidik. Glikosida memiliki efek pencahar alami yang dapat membantu mengendurkan otot-otot sistem pencernaan untuk membuat feses bergerak lebih mudah di sepanjang usus sampai keluar melalui anus.

Rasa teh senna agak pahit, sehingga Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis agar lebih ramah pada lidah.

  1. Teh hitam dan hijau

Teh hijau dan teh hitam keduanya mengandung kafein yang memiliki efek pencahar untuk merangsang gerakan usus untuk memperlancar buang air besar. Efek pencahar ini akan terasa lebih nyata jika teh diminum di pagi hari ketika perut masih kosong.

Namun, bagi Anda yang sensitif terhadap kafein, Anda harus mencari alternatif pencernaan dan teh tubuh yang lebih aman.

  1. Teh mint

Peppermint terkenal untuk pencernaan Anda. Efek mentol pada peppermint dapat membantu mengendurkan otot perut. Itu sebabnya minum secangkir teh mint setiap hari dapat membantu Anda mengatasi sembelit dan bahkan meredakan sakit perut.

  1. Teh dandelion

Minum teh dandelion cukup efektif untuk mengatasi sembelit. Teh dandelion juga membantu mengatasi masalah pencernaan lain yang bisa menyertainya, seperti pembengkakan.

Selanjutnya, teh ini dapat merangsang hati untuk menghasilkan empedu yang secara tidak langsung membantu mengatasi sembelit.

Cobalah minum secangkir dandelion setelah makan untuk menghilangkan konstipasi.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile dikenal sebagai obat tradisional yang juga mampu memberikan efek menenangkan karena aromanya yang harum. Jika Anda mengalami konstipasi, cobalah minum secangkir chamomile setelah makan atau sebelum tidur untuk membantu menenangkan otot-otot usus.

Apakah ada efek samping saat minum teh herbal untuk sembelit?

Teh herbal adalah cara untuk mengatasi sembelit jangka pendek. Jangan rutin minum teh herbal secara teratur karena dikhawatirkan akan menimbulkan risiko kesehatan tertentu. Misalnya, kecanduan minum teh yang justru membuatnya lebih sulit buang air besar tanpa terlebih dahulu minum teh.

Juga, jika Anda hamil, hindari mengonsumsi teh senna karena dapat menyebabkan diare dan dehidrasi. Lebih lanjut, menurut Institut Nasional untuk Diabetes dan Pencernaan dan Penyakit Ginjal, teh senna yang dikonsumsi dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan hati.

Tidak hanya itu, teh herbal juga dapat berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan yang Anda konsumsi saat ini.

Jadi sebelum Anda mulai menyiapkan teh untuk mengobati sembelit, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mempertimbangkan manfaat dan risikonya.

Baca Juga :