Penyakit Perut Nyeri

Penyakit Perut Nyeri

Umumnya, kondisi sakit perut saat batuk adalah sesuatu yang biasa terjadi. Ketika Anda batuk, sebagian besar otot tubuh berkontraksi, terutama otot dada, diafragma, dan perut.

Proses kontraksi ini membutuhkan energi untuk menghilangkan batuk dari saluran pernapasan. Nah, otot-otot yang sering berkontraksi akan lelah untuk waktu yang lama menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini dapat terjadi jika batuk berlangsung lebih lama.

Namun, jika batuk yang Anda alami bukan sakit perut tetapi sakit perut parah, mungkin ada penyebab lain yang menyertainya.
Ada beberapa penyakit yang menyertai gejala sakit perut saat batuk

Rasa sakit dan sakit di perut, biasanya meningkat dengan gerakan berlebihan atau batuk. Jika rasa sakit yang Anda rasakan memburuk saat batuk, ada baiknya segera mencari bantuan medis.

Berikut beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut saat batuk:

  1. Kista ovarium

Sebagian besar wanita akan mengalami kista ovarium selama hidup mereka. Kista ovarium adalah kondisi di mana kantung penuh cairan ditemukan di ovarium atau melekat pada bagian luar. Kista ovarium dapat menyebabkan sakit parah di perut dan panggul ketika batuk kronis dirasakan. Dianjurkan untuk menghubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

  1. Peradangan panggul

Peradangan panggul adalah penyakit yang berpotensi mengembangkan infeksi serviks, indung telur, rahim, dan saluran tuba. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual.

Salah satu gejalanya adalah nyeri perut ketika batuk dan kondisi ini berpotensi menyebabkan kehamilan ektopik atau bahkan infertilitas pada wanita jika tidak terdiagnosis lebih awal.

  1. Radang usus buntu

Radang usus buntu, juga dikenal sebagai radang usus buntu, adalah suatu kondisi yang menyebabkan infeksi usus oleh bakteri dan peradangan. Jika tidak diobati, radang usus buntu menjadi kondisi yang mengancam jiwa karena usus buntu penuh dengan nanah dan beresiko peningkatan pecah (laserasi jaringan usus). Apendiks bisa menyakitkan jika Anda melakukan gerakan berlebihan, juga bisa terasa sakit saat batuk atau tertawa.

Penyakit Perut Nyeri

  1. Penyumbatan di usus

Ketika usus tersumbat oleh sayatan bedah atau infeksi, itu dapat menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan dapat termasuk tekanan di daerah panggul, nyeri di pusar, sakit perut saat batuk, mual dan bahkan sembelit kronis.

  1. Nyeri ligamen bulat pada wanita hamil

Nyeri ligamentum bulat adalah suatu kondisi di mana seorang wanita hamil merasakan sakit di beberapa sisi perutnya. Biasanya kondisi ini terasa di kuartal kedua. Ligamen yang sakit ini terletak di panggul dan mengelilingi rahim. Selama kehamilan, rahim akan memperluas perut dan memperpanjang ligamen. Nyeri perut saat batuk kadang-kadang merupakan efek yang dapat dicapai dalam kondisi ini.

Baca Juga: